Bagaimana New York Yankees Bisa Jadi Salah Satu Klub Olahraga Sukses?

Bagaimana New York Yankees Bisa Jadi Salah Satu Klub Olahraga Sukses?

Pastinya Anda sudah mengenal salah satu tim baseball terbesar di Amerika Serikat, New York Yankees. Tim yang satu ini tak hanya dikenal banyak memenangkan berbagai kejuaraan dari berbagai tingkatan saja, tetapi juga memiliki basis suporter yang begitu solid. Lalu bagaimana bisa tim ini mempertahankan kesuksesan selama perjalanannya selama seabad lebih tersebut?

Tentu saja, keberhasilan yang dicapai oleh tim yang satu ini tak sekedar dari kerja keras para pemainnya saja, tetapi juga ada faktor lain yang ikut berkontribusi. Puluhan hingga ratusan ribu pendukung yang selalu datang menonton pertandingan memang menjadi sumber pemasukan. Terlebih dengan frekuensi pertandingan yang terbilang intens selama musim tanding di setiap tahunnya.

Untuk mengakomodasi kedatangan para penonton yang datang dari penjuru New York, atau bahkan dari seantero Amerika tersebut, tentu saja dibutuhkan sarana dan prasarana yang memadai. Salah satunya adalah moda transportasi massal yang dapat menjangkau Yankee Stadium. Selain itu, New York yang menerapkan sistem City Block pun menawarkan akses ke transportasi publik di tiap 200 meter luas wilayahnya.
Untuk bisa sampai ke stadion Yankees, pengunjung bisa mengakses transportasi publik dari 766 stasiun atau 16.350 halte bisa yang tersebar di penjuru New York. Selanjutnya, ada 326 titik pemberhentian berikutnya yang akan menghubungkan pengunjung ke 14 titik pemberhentian transportasi umum yang berada di radius 400 meter dari pintu masuk utama stadion. Tntu saja, kemudahan akses ini membuat stadion memiliki peluang penuh yang lebih besar.

Benar saja, New York Yankees berhasil meraup pendapatan 284 juta dollar dari tiket penonton Yankee Stadium yang mewakili 42% total pemasukan selama tahun 2018. Nominal pendapatan dari tiket ini pun menjadi yang paling besar dibanding tim baseball lain. Yang menjadikan pencapaian ini luar biasa adalah jumlah tersebut berhasil melampaui pencapaian Los Angeles Dodgers misalnya, yang memiliki stadion dengan kapasitas lebih besar namun hanya mendapatkan 148 juta dollar saja.

Berbagai pencapaian memang kemudian mengantar New York Yankees sebagai salah satu klub olahraga terkaya dunia. Pada 2018, tim yang satu ini tercatat sebagai tim olahraga terkaya peringkat kelima dunia. Nama New York Yankees menyusul Dallas Cowboys, Manchester United, Real Madrid, dan Barcelona. Pada tahun tersebut, Forbes memperkirakan New York Yankees ditaksir bernilai sekitar 4,4 miliar dollar Amerika Serikat, atau sekitar Rp.62 trilyun.

Sejarah perjalanan Yankees sendiri terbilang cukup panjang, dimulai dari pendiriannya pada tahun 1901 silam. Pada tahun 1903, klub ini kemudian hijrah ke New York hingga akhirnya memutuskan untuk menetap di Yankee Stadium pada tahun tahun 1923. Selama perjalanannya, New York Yankees sendiri tercatat pernah pindah stadium hingga 3 kali.

Prestasi New York Yankees kemudian semakin berkembang di Bronx. Dalam perjalanannya selama di kawasan ini, Yankees berhasil menjadi pemegang juara World Series MLB terbanyak. Ya, klub ini berhasil mengamankan gelar juara sebanyak 27 kali. Tentu saja, ini menjadi pencapaian luar biasa karena terhitung jauh lebih banyak jika dibanding pencapaian tim baseball Amerika Serikat yang lain.

Dengan pencapaian yang luar biasa tersebut, tak mengherankan jika klub ini kemudian berhasil mendapatkan dukungan dari banyak penggemar. Klub ini tak hanya digilai oleh warga New York saja, tetapi pendukung juga banyak datang dari negara bagian lain bahkan hingga ke luar negeri. Basis pendukung yang begitu banyak inilah yang kemudian juga membuat klub ini menjadi salah satu klub olahraga termahal di dunia karena memiliki banyak suporter yang selalu memenuhi stadion di tiap laga yang mereka jalani.

Salah satu catatan yang layak diapresiasi dari loyalitas suporter adalah pada suatu pertandingan di tahun 1958. Pada pertandingan tersebut, tercatat ada 120,000 orang yang hadir demi menonton pertandingan New York Yankees. Saat ini, rata-rata ada 50,000 penonton yang hadir setiap kali pertandingan Yankees. Pertandingan yang digelar hingga 7 kali dalam sepekan selama musim tanding yang berlangsung selama bulan Maret sampai bulan September.

Sebagai informasi, pertandingan dalam suatu liga baseball tidaklah seperti liga sepakbola ataupun liga American Football. Jika pertandingan sepakbola dan football digelar setiap sepekan sekali, liga baseball justru lebih sering bahkan hingga 7 kali dalam sepekan. Pertandingan ini mempertemukan tim tuan rumah, New York Yankees misalnya, melawan 7 tim tamu yang berbeda-beda.

Dari penjelasan ini, mungkin Anda bisa mendapat gambaran bagaimana New York Yankees bisa menjadi tim terkaya. Ya, dengan jumlah puluhan ribu penonton yang selalu hadir membeli tiket stadion, tentu saja bisa menjadi sumber pemasukan yang luar biasa. Terlebih lagi, hal ini terjadi secara rutin di setiap pertandingan yang digelar bahkan setiap hari selama 7 bulan lamanya.

BLOG